Laman

20.2.16

Noted.

Udah lama kayaknya nggak ngepost di laman gue soal cinta. So that means iam happy? Yes iam happy. Because I found the someone new.

Tapi bukan itu yang akan jadi bahan gue bercerita malam ini. Entah, awalnya gue kira yang namanya perasaan nggak tersampaikan dan waktunya sudah terlambat itu hanya mempunyai makna dalam di quotes aja, tapi ternyata kalau dirasain ngenes juga ya.

Benar adanya quotes yang berbunyi tentang “Kadang tuhan hanya mempertemukan tidak untuk mempersatukan” bahkan disaat perpisahan pun lo nggak sempat mengutarakan kata-kata yang menyelesaikan perasaan lo, melainkan harus melalui pihak ketiga.
Kejadian ini udah lama banget. sekitar desember 2014, dan sekarang Februari 2016.
1 tahun 2 Bulan dan segalanya baru terungkap sekarang.
Ceritanya sangat amat klise bahkan cenderung agak menjijikan bagi orang yang apatis soal cinta.

November 2014.
Setelah dua tahun lebih gue berjuang melawan perasaan gue buat ngelupain segalanya dan mencoba menata ulang lagi setelah putus dari mantan Gue dengan jangka waktu pacaran 2 tahun, lalu gue pacaran dan itu singkat banget. sialnya di singkat waktu pacaran Gue itu, gue udah kemakan sama perasaan sayang, yang akhirnya Gue dengan segalanya memperjuangkan tapi putus juga, dan itu karena tersangka tertarik dengan orang lain.

Gue galau abis. Yang bikin Gue galau karena disaat gue udah sayang itu bener-bener harus berakhir. Dan udah sehabis itu gue nggak terfokus sama apapun begitu juga dengan laki-laki. Sesekali Gue kayak becandain hati gue tapi habis itu yaudah. End

Nggak lama sehabis itu, sahabat Gue bilang kalau ada yang mau kenalan sama Gue. Gue jawab dengan santai. “Yaudah kalo mau kenalan, kenalan aja.” Dan disitu sebut saja Radit. Ngechat Gue. dengan alasan dia dibajak. Klise. Basi. Gue ketawa bacanya.

Kalo gak salah di mulai dengan “Hena”
Lalu kemudian, “Sorry bajak”
Tapi dari dibajak itulah dia memberanikan diri untuk memperkenalkan dirinya sama Gue.
“Iya tadi Gue ngeliat lo di lapangan.”
Itu sih kira-kira
Bukannya sombong atau belagu, tapi Gue emang bener-bener nggak tau dia siapa dan nggak pernah ngeliat meskipun dia satu jurusan sama sahabat Gue.
Yaudah, disitu terjadilah obrolan antara Gue sama dia. Emang dasarnya Gue bawel dan banyak ngomong, Gue langsung sudah akrab dan Gue bawa enjoy chatn sama Radit.
Sampai akhirnya Gue tidur, dan Gue berpikir, gue nggak harus bilang jadi gue tidur aja. But dia ngechat gue

He said “Yah kok tidur nggak bilang-bilang sih, kan gue nungguin. Huhu”
Asli, ini awkward banget buat Gue. gue bacanya antara ketawa mesem dan “lah kenapa dah? Baru ini laki deket tapi langsung minta dipamitin kalo mau tidur and in the end dia nambahin make (huhu)” Yaudah tuh, Gue masih balas biasa dengan “Iya maaf gue ketiduran” and he replayed “Huuu ……. (gue lupa)”

Yang ada dipikiran Gue saat itu kata Huu dicampur dengan ekspresi muka yang cemberut kalo nggak agak manja ngambek gitu. Ya nggak sih? Dan gue langsung mikir, “ini cowok kok aneh banget sih, nggak ada cool atau jaim nya ngechat cewek make huu mulu.”

Chat gue dengan radit terus berlanjut. Sampai waktu itu Gue chat ttg bekasi (because bekasi is his hometown) Gue certain gimana panasnya bekasi segala macem lah pokoknya kita udah berasa kenal deket padahal gue sama sekali belum pernah lihat batang hidupnya.
Beberapa hari kemudian Gue deket. Gue cerita ke temen-temen gue di kampus, kalo ada yang deketin Gue.

Karena itu beberapa lama selang Gue baru putus dan masih ngebekas banget, baru sebulan putus kl gak salah. Reaksi temen-temen Gue adalah “Jangan buru-buru Hen, jalanin dulu. kalo perlu lo jutekin biar lo liat seberapa besar dia beneran suka sama lo. Jangan sampai kayak yang kemarin.”

Dan Gue berpikir “iya juga ya”
Sehabis itu, kalau Gue chat dengan Radit, gue nanya ke temen Gue,”Gimana?” lalu my friend said “Itu lo chat nya jangan panjang-panjang, liat deh dia aja balesnya sepotong-sepotong gitu. Lo cuekin hen dikit-dikit”

Dan gue manut aja. Namanya abis patah hati, ya bodoh.

Sampai akhirnya Gue bener-bener jadi jutek sama Radit, dan dia yang suka becandain Gue dengan kalimat
“huu jutek banget sih”
Gue jawab dengan “Jutek apan dah? Kalo Jutek Gue nggak bakal bales chat lo.”
Dibalas “Hu iya deh”

((Ancur ye, gue ternyata anaknya mudah ke doktrin))
Nggak hanya sebatas chat aja bahkan Radit pun mulai nelpon Gue by line. Disitu, Gue antara kaget, bingung, gemeteran, ketawa, dan panic abis.
Sepanjang telponan, jawaban Gue ya jawaban malu-malu tai kucing cewek gimana sih?

Sampai itu dua minggu gue deket sama Radit dia udah bilang dia suka sm gue.
Yang ada di dalam pikiran Gue. “Glla nih laki gercep juga. Baru dua minggu udah bilang suka.” Dalam pikiran Gue Cuma ada nethink

Gue pun bilang sama Radit, kalo gue nggak percaya, dan kita chat pun baru, bahkan Gue belom pernah melihat dia. Dan he said “Gue sering ngelihat lo di kampus, dan Gue udah lama merhatiin.” (kurang lebih kayak gitu)

Gue masih nggak percaya. Lalu Gue bales “Gue masih nggak percaya lo suka sm Gue.”
Radit. “Kalo Gue boongan ngapain Gue sampe kayak gini.” (ya emang sih Gue jutek tapi dia masih chat Gue dan nelpon Gue)

Dan gue Cuma jawab. “yaudah jalanin dulu aja lagian masih banyak waktu.”
Dan okay, gue mulai intens chat sama Radit, mulai ke yang nanya lagi ngapain, udah makan belom, lalalala segala macem.”
Setiap malem dia selalu nelpon gue by line.
Ngucapin good night dengan kata-kata yang intinya dia menunggu jawaban Gue dan semoga kita bisa jadian.
Ngirim emote dan sticker lucu.
Yang bikin Gue melting dan ketawa.

Entah apa yang Gue rasain, kala itu Gue emg belom yakin Radit serius sama Gue, atau minimal suka sama Gue. tapi cara dia yang selalu nelpon gue malem-malem dan kita ngobrol apapun, dari yang Gue bĂȘte sampe melunak sampe akhirnya Gue yang nggak mau nutup telepon. Gue mulai menikmati obrolan gue sama dia.
Nggak bohong gue mulai senang dengan kehadiran Radit, dari yang dia care sm Gue, mau jemput gue pas ujan-ujan but I ignored that, sampai akhirnya dia jemput Gue padahal dia udah balik dan itu udah sore.

Cewek, abis patah hati wajar kan kalau dia mulai baper dan merasa nyaman? Dan gue mulai nyaman dengan radit.
Even gue jutek sama dia, tapi Gue mulai buat perhatian dan mulai membalas kata-kata nya dia dengan manis. (lol). Tapi, gue masih nggak berani untuk bilang sama suka dengan dia. Karena gue masih belom berani untuk jatuh ke lubang yang sama.

Dan meskipun gue nyaman, tapi gue selalu merasa ragu. Ragu dan takut.

Sampai suatu ketika, saking Gue kesal nya nunggu balasan chat dia yang lama banget, Gue jawab bener-bener jutek. Sangat jutek, sampai dia nggak sama sekali ngechat Gue hari itu.

Lalu siangnya, Gue ketemu sama Temen Gue sebut saja Angga. Gue ketemu dengan angga karena urusan kampus. Disitu, Angga tahu Gue deket dengan Radit. Angga nanya sama Gue gimana Gue sama Radit, dan Gue nanya balik ke Angga Radit itu gimana orangnya.
“Yah Gue sih nggak terlalu tahu banget. Cuma waktu itu, dia pernah ngasih tau gue katanya dia lagi di Jagakarsa, habis nganterin lo.” Ucap Angga.

“Terus?”
“Dia juga pernah nanya lo itu orangnya gimana, dan nanyain soal lo pacaran paling lama dan soal mantan dua tahun lo, dan yang kemarin.” Balas Angga.
“Terus lo bilang apa?”
“Iya gue kasih tau mantan lo yang kemarin, dan dia nggak tahu terus nanya orangnya yang mana.”
TEG.

Gue seketika langsung berpikir, niat juga Radit sampe ngulik-ngulik masa lalu gue dan emang Gue nggak pernah mau ngungkit mantan Gue itu karena terlalu nyakitin.
Dari di rumah sampe di jalan Gue mikir. “Apa dia serius beneran ya sama Gue? dia sampe nanyain gitu ke Angga dan Gue nggak nyangka aja dia sampe nanyain lumayan detail gitu.” Dan Gue cemas karena Radit sama sekali nggak ngechat Gue apapun.

Gue mulai panic.

Dan akhirnya Gue cerita ke sahabat Gue yang tadi sebut saja Mawar. Mawar bllang sama Gue buat ngechat Radit duluan, tapi Gue masih aja memperhankan buat nggak ngechat. Sampai akhirnya Gue memberanikan diri buat ngechat.

Gue Tanya dia kenapa dibales dengan “Gapapa hehe”
Dan feeling Gue masih gak percaya kalo itu semua nggak ada apa-apa.
Sampai Gue bilang sama Radit kalo gue mau telpon dia.
Beberapa kali dia gamau, tapi gue mulai buat liat kontaknya lalu klik free call.
Itu pertama kalinya Gue nelpon Radit duluan bukan dia yang maksa tapi langsung dalam diri Gue.
Gue Tanya membuka obrolan.
And he still said “Gapapa”
“Kenapa”
“Gapapa”
“Kenapa”
“Gapapa”

But finally, dia menjawab kalo dia nggak suka dan merasa nyelekit sama jawaban chat Gue terakhir.
DEG.
Anjir.
Usaha Gue saat itu Cuma minta maaf dengan suara parau. Nyesek. Gue bingung harus gimana.
Gue tetep usaha minta maaf. Ya karena emang iya Gue salah banget. omongan Gue kelewat sadis buat orang baru bangun tidur. Gue nyesel abis.
Sampai dia mengeluarkan kata-kata kalo dia bilang dia deketin Gue sia-sia karena respon gue yang masih anta. Nggak ngasih jawaban.

Ya disitu, dia beberapa kali bilang sebelumnya kalo dia serius sama Gue, dia suka sama Gue, dia nunggu jawaban Gue, tapi jawaban Gue masih sama “liat aja nanti.”

Ohiya, sampai Gue inget dia pernah bilang “Gimana mau jadi, abis Hena responnya gitu jutek huhu. Males ah.”
Lalu Gue balas dengan. “Liat aja nanti ke depannya. Lagian kalo gue jutek gue nggak bakal ngerespon lo sampai sekarang.”
Radit “Iyaiya”
Oke lanjut.

Dan disitu gue nyesek. Ya, Gue nyesek. Gue nggak mau dia lelah beneran terus dia pergi disaat Gue emang udah suka sama Radit, dan seharian itu Gue ngerasa ada yang beda ketika dia nggak ngechat Gue. dan Gue bilang seperti itu sama Radit.
Dengan nada berkepanjangan, gue perlahan bilang kalo Gue nyaman sama dia. Sampe akhirnya Gue memberanikan diri menghilangkan segala gengsi Gue, buat bilang kalo Gue suka sama dia.

Dan gue bilang kalau Gue mau menjawab kalau nanti sudah masuk kuliah.
Lalu kita ngobrol hal yang lain sampai akhirnya masalahnya clear.

Gue lega karen Radit udah mulai kayak biasa.

Sampai kebesokan harinya. Entah kenapa perasaan gue nggak enak. Kayak ada yang ngeganjel sama Radit. Gue nggak tahu itu dari respon chat dia sama Gue atau apa.
Sampai akhirnya Radit nelpon Gue.

Disitu, dia ngebahas lagi soal jadian. Dan anehnya, berubah dan berbeda kebalikannya kalo dia bllang dia gamau pacaran karena males nantinya berantem, putus lalu musuhan.

Disitu perasaan gue makin nggak enak. Dan gue nanya “Maksudnya apa”
Dia mulai menjelaskan secara perlahan, kalo dia nggak bisa jadian sama Gue. dia bilang dia gamau nantinya hubungan Gue sama dia malah jadi musuhan berantem ketika kita putus.

Radit juga bilang kalo dia merasa dia nggak bisa membahagiakan Gue, dia nggak bisa ngajak Gue jalan-jalan ke mall, nonton bioskop seperti pasangan pada umumnya.

Disitu gue bener-bener nyesek banget. otak gue kayak kesumbat nggak bisa ngomong, Gue Cuma bisa diam dan nggak sadar Gue nangis.
Gue nangis sambil diem, dan Radit mencari suara Gue yang hilang. “Hey, jangan malah abis ini kita jadi berubah. Aku nggak mau.”

Dalem hati rasanya Gue pengen maki-maki “MENURUT LO AJA.” Tapi Gue Cuma diem, Gue nangis sebisa mungkin Gue tahan jangan sampe Radit tahu Gue nangis.
Segala upaya jug ague usahakan, Gue bilang kalo gue nerima dia apa adanya, dan cara buat bahagia itu nggak hanya jalan ke mall atau nonton bioskop, tapi masih banyak cara dan itu tergantung orang masing-masing.
Tapi pendiriannya nggak berubah.
Disitu gue bener-bener down. Gue males banget udah males kecewa segala macam yang gue inginkan hanya nangis sekaarang. Waktu untuk nangis.

Terakhir, gue menjawab “iya….(gue lupa)” langsung gue tutup teleponnya.

Pecah. Gue nangis bener-bener nangis. Untungnya di rumah nggak ada orang. Gue nangis ditemani oleh beberapa soundtrack lagu, yang bikin gue makin pecah.

Lalu gue cerita sama mawar. Mawar kaget setengah mati. Gue pun merasa gue gabisa mendem ini sendirian, ini sama pecahnya kayak gue putus sama mantan gue yang dua tahun, bahkan gue belom jadian aja udah kayak gitu sedihnya.
Akhirnya Gue ke rumah mawar. Di sepanjang jalan Gue jalan ke rumah Mawar, gue ditemani headset dan playlist lagu, Gue nangis. Untung make masker.
Sesampainya di rumah Mawar, Gue langsung cerita dan Gue nangis.
Mawar mencoba meenagkan Gue, dan dia cerita kalo Radit juga certia ke Mawar. Gue baca chat mereka.

DEG.
“Gue nggak bisa, War. Gue gabisa nantinya buat selalu ngajak Hena ke mall, nonton bioskop, Gue ngeri nggak bisa ngebahagiain Hena. Gue nyari cewek yang bisa diajak susah.”
GILA.
Gue rasanya kayak kesemprot.
Makin kejer.
Nyesek banget rasanya setelah Gue tahu alasannya itu hanya karena dia merasa Gue hedon dan Gue nggak bisa diajak susah.
Disitu Gue masih usaha buat minta bantuan Mawar soal cerita ke Radit, gimana sepak terjang Gue dulu pacaran sama mantan Gue itu, susahnya kayak apa dan ya iam okay.

Tapi nggak menghasilkan apapa.
Mawar cerita sama Radit kalo gue nangis, dan Radit pun bilang kalau dia pun juga sedih harus mundur.
Gue masih nangis.

Sehari dua hari gue galau.
Bener-bener yang ada diotak Gue masih Radit.
Gue kepoin timeline nya.
Sampe chat gue saat itu udah terputus, but gue memberanikan diri buat ngechat Radit.
Gue jelasin segalanya dengan harapan dia berubah pikiran.
Tapi no work.
Gue nunggu dia kapan ngechat Gue karena emang dia bilang di amau hubungan gue dan dia baik lagi.
Tapi no work.
Sampe suatu saat dia ngechat gue untuk masalah kalkulator.
Gue seneng banget.
Dan ohiya disitu juga gue kebetulan deket dengan senior dan dia tahu cerita gue soal Radit. Dia udah gue anggep kayak abang Gue sendiri.
Entah, Radit sempat salah paham dan ketika dia ngechat Gue, dia menyinggung soal senior Gue itu, dan gue mencoba menjelaskan.
But no work.

Hari terus berlanjut dan asli Gue merasa kehilangan banget.
Ada yang ilang
Nyesek.
Kerjaan gue Cuma mantengin timeline sambil nulis post nyari perhatian dan dia still ngerespon
Sampai suatu ketika, Gue ngepost dan disitu dia menuliskan komen, intinya dia mengira kalo Gue udah dekat lagi dengan orang lain. padahal nggak sama sekali.

Waktu terus berlalu, dan Gue dekat dengan sahabat Radit yang bernama Dandy.
Sesekali gue menanyakan kabar Radit kepada Dandy.
Dan gue sempat tahu juga dari temen Gue bahwa Radit deketin dia. Disitu gue antara udah ikhlas, udah nggak galau dan Gue juga tahu. “oh jadi dia emang udah deket lg sama cewek. Ya emang mungkin dia nggak baik.”
Sebulan dua bulan tiga bulan. sampai waktu itu Radit mengembalikan kalkulator Gue dia mentipkan pocky-pocky green tea. Sebelumnya dia pun ngechat Gue.

Gue sangat berharap Gue bisa ketemu ketika dia mengembalikan kalkulator itu, tapi nggak, dia nitipin itu ke Mawar.
Tiga bulan perasaan Gue mungkin nggak segalau dulu.
Tapi, Gue masih tetep interest sama hal apapun tentang dia.
Apapun.
Ketika dia komen line Gue, ketika dia ngelike postingan Gue di Line, lalu Gue ganti Dp di Line Gue selalu senang.
Begitu terus sampai bulan agustus 2015.
Gue deket sama orang pun ya misalnya kayak chattingan, still masih keingetan Radit, dan menurut Gue masih Radit yang bikin Gue nyaman, dan masih dia yang gue ingin.
Nggak jarang Gue cerita ke kakak Gue, dan kakak Gue hanya bilang yaudah sabar aja kalau emang mau nunggu pasti aka nada yang lebih baik. Tapi kalopun mau nunggu Radit itu pasti lama.
Tetep, nggak ada yang lebih nyesek, ketika lo tau, yang tadinya lo nggak respect sama orang itu sampai lo luluh, lo nyaman, lo suka tapi alasan kalian nggak bisa bareng itu karena dia merasa dia nggak bisa ngebahagiain lo karena sikap lo yang dinilai sebalah mata sama dia.

Bener-bener setelah gue tahu, gue langsung changes my life banget. Gue ngurangin kebiasaan main Gue yang ke mall mulu. Gue mulai mencoba mengeksplor alam, sampai gue kepengen adventure menyesuaikan hobi nya. biar dia liat kalo Gue nggak seperti yang dia kira.
And it still no work.
Lanjut.

Sampai agustus 2015 Gue mulai membuka dan Gue yakin kalau ini baik dan meyakinkan.
Delapan bulan lamanya.

Lan jut.
Setahun lewat setelah desember 2014.

Februari 2016
Temen Gue yang namanya mawar mendapatkan cerita dari Radit mengenai Gue.
“War, Hena gimana emang certia sama lo?”
Mawar menjawab. “Dia nangis Dit, pas lo milih buat mundur. Emang gimana sih sebenernya?”
Radit menceritakan bahwa dia juga sedih ketika dia memutuskan buat mundur.
“Bukan Cuma dia doang War yang nangis, Gue juga nangis.Gue trauma sama cewek hedon, makanya kenapa Gue ninggalin. Gue nggak suka. Dan menurut Gue Hena kayak gitu karenda dia main ke mall terus. Dan, selain itu Gue juga Gue sempet tahu kabar tentang Hena kalau dia gampang deket sama orang.”

Mawar membalas “Hena itu nggak hedon Dit, malah dia yang menilai lo hedon dari pakaian lo, sepatu lo, tas lo. Dan kalau emang gampang deket sama orang, dia itu orangnya emang bawel, banyak ngomong, kadang sksd siapa juga diajak ngomong, tapi kalo untuk urusan hati dia susah, Dit. Emang sebenernya lo gimana ke Hena?"

Radit terdiam. “Kalo dibilang suka sama Hena, ya Gue suka. Kalo ditanya Sayang, Ya gue bisa sayang sama dia. dan dia sekarang udah punya pacar Gue tahu.”
“Iya, dia udah punya pacar, dia dulu sempat mikir lo tuh ninggalin dia karena emang lo ada pegangan lain.”

Radit terkejut. “Ya nggak lah, emang Gue seganteng apa War, sampe udah ada cadangan lain. Gue juga nggak mau ngerusak hubungan dia dengan pacarnya.”

Mawar pun bercerita lagi.”Dulu Dit, dia sering banget cerita sama Gue, kalo dia senang banget setiap lo ngelike postingan dia di lIne, lo komen, dan lo ngefollow ig nya dia, dia cerita sama Gue semuanya.”

“Hah? Serius lo?”
“Iya, lagian itu udah lama banget kenapa lo baru cerita sekarang sama Gue.”
Radit menjawab. “Gue bingung abisnya, War harus mulai dari mana.”
……
“Tolong bilangin ya, War sama Hena soal yang tadi. Lo sampein ke dia semuanya.”

Dan hari ini Mawar bilang sama Gue.
Cukup membuat Gue kaget tapi Gue senang pada akhirnya semua jelas meskipun harus memakan waktu yang lama. dan entah Gue nggak ngerti Mawar pun sempat bilang sama Gue, baerasa ada yang berubah dari Dandy ketika Gue juga deket dengan Dandy sebagai sahabat. Tapi Radit nggak pernah bilang kalau dia cemburu karena Dandy deket sama Gue.

Nggak ada rasa penyesalan dalam diri Gue atas semuanya. but thats make me buat lebih berpikir yang emang seharusnya sudah lalu tapi kembali terkuak. Kecewa dan agak nyesek sih pasti ada.

but life must go on. dan mungkin ini yang dinamakan pertemuan yang tidak menyatukan.
Rencana Tuhan
Kehendak Tuhan

Who knows

Sudah lebih dari cukup jawaban yang gue dapet atas kesalahpahaman dan pertanyaan Gue selama ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

speak up your mind